Kuliner Khas Dki Jakarta

2 min read

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan monument tugu monas , Udah tau kan??? Iya, betul Tentu saja kota ini bernama Daerah Khusus ibukota Jakarta. Dimana di kota ini merupakan tempat orang dari segala penjuru daerah yang ada di indonesia berkumpul untuk meraih mimpi bahkan pekrjaan. Oleh karena itu kita akan membahas kuliner apa aja sih yang ada disini. Berikut makanan khas yang berasal dari DKI Jakarta :

Daftar Menu Khas Dki Jakarta

1. Soto Betawi

Kuliner Khas Dki JakartaSoto Betawi adalah makanan yang berbentuk kuah dengan potongan daging sebagai bahan dasarnya. Salah satu kuliner khas indonesia ini berasal dari daerah Dki Jakarta. Soto ini merupakan soto yang sangat popular di kota Jakarta. Soto Betawi ini terdiri dari soto dengan kuah santan isiannya daging sapi serta jeroan dan organ hewan lainnya. Menu ini cocok untuk anda sebagai pecinta kuliner ketika berada di Jakarta.

Banyak sekali orang yang menyukai jenis soto ini. Penggemarnya tidak hanya orang lokal Jakarta aja loh, namun ada juga masyarakat luar dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Soto Betawi ini memiliki rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya. Meski telah popular tidak banyak yang mengetahui kuliner orang Betawi ini.

Penyajiannya, soto Betawi biasanya ditambahkan daun bawang, seledri, tomat, bawang goreng dan emping sebagai pelengkap penyajiannya. Sangat nikmat disantap Bersama nasi hangat, sambal, jeruk nipis, dan acar segar. Campuran santan dan susu memberikan perpaduan rasa gurih santan dengan sensasi creamy yang dihasilkan oleh susu. Bila anda tidak menukai jeroan, anda bisa memsan soto dengan isian daging sapi saja kok. Soto Betawi ini merupakan kuliner pilihan yang cocok untuk santap makan siang anda.

Baca juga : Kuliner Khas Jawa Timur

Cara memasak:

  • Pertama rebus daging sapi hingga lembut lalu tiriskan.
  • Tumis kan bumbu yang sudah disediakan hingga matang dan harum.
  • Masukan rebusan daging tadi aduk hingga rata
  • Masuk santan dan diaduk agar santan tidak pecah hingga mendidih
  • Masukan susu dan penyedap rasa.
  • Masak hingga daging menjadi empuk dan meresap.
  • Soto Betawi siap disajikan

2. Kerak Telor

Kuliner Khas Dki JakartaKerak Telor adalah makanan yang diolah dengan menggunakan telor sebagai bahan dasarnya. Salah satu kuliner khas indonesia yang popular ini berasal dari suku Betawi di Jakarta. Kuliner khas Betawi ini terdiri dari  beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, dengan ditaburi serundeng yang dimasak dengan cara khas menggunakan tungku api. Kerak telor  dapat sering kita jumpai di jajanan pinggir jalan atau dijual secara keliling.

Makanan ini sering dijuluki sebagai fast foodnya orang Jakarta, dimana proses pembuatannya tidak memerlukan waktu yang lama. Hal pertama yang dilakukan dalam proses pembuatannya kerak telor. Beras ketan direndam dengan air selama 1 malam di sangrai terlebih dahulu hingga setengah kering. Kemudian bahan campuran lain seperti telur , bumbu-bumbu yang telah halus , udang ebi, garam, bawang goreng dan gula pasir dikocok hingga merata.

Tuangkan campuran bahan tersebut kedalam wajan yang telah berisi beras ketan setengah matang tadi, aduk dan campurkan hingga rata. Serta diamkan terlebih dahulu sampai matang. Setelah itu wajan tersebut dibalik menghadap ke bara api dan tunggulah sampai menjadi kerak , kemudian diangkat. Proses penyajiannya, kerak telor yang sudah jadi tadi disajikan diatas piring.

Lalu ditaburi kerak relornya dengan bawang merah serta parutan kelapa yang sudah disangrai tadi. Pada proses pembuatannya ini tidak menggunakan kompor untuk memasaknya, melainkan menggunakan anglo dan arang. Karena apabila menggunakan kompor dalam proses memasaknya, akan dapat mudah membuat keraknya menjadi gosong. Namun apabila menggunakan arang maka panas arang tersebut merata sehingga tidak mudah gosong dan dapat menjaga cita rasa dari kerak telor tersebut.

3. Ketoprak

Kuliner Khas Dki JakartaKetoprak adalah makanan yang menyerupai seperti pecel, namun berbeda pada isiannya dari pecel yang berupa sayuran hijau direbus. Sedangkan isian ketoprak antara lain ketupat, bihun, tahu goreng, tauge, dan timun. Beberapa pedagang terkadang memberi tambahan isiannya seperti telur rebus ataupun telur dadar. Salah satu kuliner khas indonesia yang popular ini berasal dari daerah Dki Jakarta.

Ketoprak dapat kita jumpai hampir diseluruh kota di Indonesia. Rasanya yang lezat serta hargannya yang merakyat menjadikan makan ini adalah menu favorit disetiap tempat. Akan tetapi walaupun memiliki banyak penggemar, namun ternyata tak banyak orang yang mengetahui kalau asal usul dari ketoprak ini berasal dari Betawi, yaitu  suku mayoritas di Jakarta. Namun ada juga yang berpendapat kalau kuliner ini berasal dari pulau jawa seperti jawa tengah. Sampai saat ini belum ada yang tahu tentang kebenaran dari asal usul ketoprak ini

Cara memasak

  • Pertama goreng tahu hingga matang dan rendam tauge dengan air panas
  • Kemudian haluskan kacang tanah dengan bumbu yang telah disediakan
  • Tambahkan air asam jawa dan beri penyedap rasa pindahkan ke mangkuk.
  • Siap kan piring untuk penyajiannya serta masukan ketupat, tauge tahu dan bihun.
  • Lalu tuangkan bumbu kacang dan tambahkan kecap manis serta taburkan bawang goreng dan kerupuk
  • Ketoprak siap disajikan.

 

Kuliner Khas Jawa Barat

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan apa yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan julukan kota kembang , Udah tau...
ekomaulana
5 min read

Kuliner Khas Jawa Timur

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan daerah yang memiliki Tugu dengan symbol...
ekomaulana
3 min read

Kuliner Khas Jawa tengah

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan daerah yang memiliki simpang lima ,...
ekomaulana
4 min read

One Reply to “Kuliner Khas Dki Jakarta”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *