Kuliner Khas Jawa Barat

5 min read

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan apa yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan julukan kota kembang , Udah tau kan??? Iya, betul Tentu saja kota ini bernama Bandung. Terkenal akan rindangnya pepohonan, bunga yang tumbuh di penjuru kota, serta taman yang hijau. Oleh karena itu kita akan membahas kuliner apa aja sih yang ada disini. Berikut makanan khas yang berasal dari Bandung :

Daftar Menu Khas Jawa Barat

1. Nasi lengko

kuliner khas jawa barat

Nasi lengko adalah makanan khas dari jawa barat yang memiliki istilah kata nasi lengko yang berarti nasi langka atau jarang. Kata jarang disini memiliki maksud lauk yang terdapat didalam nasi lengko ini sedikit atau jarang sehingga komposisinya pun sangat sederhana. Salah satu kuliner khas indonesia ini berasal dari daerah Cirebon, Jawa barat. Nasi lengko ini memiliki isian diantaranya seperti nasi putih, tempe, tahu, timun, tauge, daun kucai, bawang goreng dan disiram atau dilengkapi dengan saus kacang, setelah itu diaduk hingga menjadi  rata.

Nasi dan lauknya diaduk ini ada juga orang memiliki istilah lain bahwa nasi lengko berasal dari kata “lengkoh” atau kental. Seiring perkembangan zaman ada pedagang yang mengartikan nasi lengko merupakan singkatan dari nasi lengkap dan ekonomis. Selain rasanya yang nikmat harga yang ekonomis inilah yang membuat kuliner khas jawa barat ini menjadi banyak penggemarnya. Terlihat dari lauk pauknya yang sangat sederhana tidak heran jika makanan ini dahulu merupakan makanan rakyat biasa. baca juga : makanan khas jogja

Dahulu kuliner ini merupakan bentuk sosial dari masyarakat atas kondisi serba kekurangan pada saat pasca kemerdekaan.

Cara memasak

  • Tumis bumbu yang telah halus lalu masukan air.
  • Masukan tempe dan tahu sekitar 10 menit lalu tiriskan
  • Kemudian goreng tempe tersebut hingga matang
  • Tata nasi, tahu, tempe, tauge dan timun
  • Lalu siram saus kacang dan diberi kecap manis serta taburin bawang goreng dan kucai.
  • Nasi lengko siap disajikan

2. Nasi jamblang

kuliner khas jawa baratNasi Jamblang adalah salah satu kuliner khas indonesia ini berasal dari kota Cirebon. Kota yang dijuluki kota udang memiliki banyak sekali kuliner yang lezat salah satunya nasi jamblang ini. Penggemarnya pun berasal dari berbagai daerah mulai dari penduduk lokal hingga wisatawan yang berkunjung kedaerah ini. Karena memiliki banyak penggemar nasi jamblang ini pun banyak sekali dijajakan oleh pedagang di kota Cirebon ini.

Oleh sebab itu setiap pedagang yang menjajakan kuliner ini pun memiliki ciri khas tersendiri yang disajikan setiap warungnya. Mulai dari penyajiannya hingga tambahan lauk sebagai pelengkap nasi jamblang ini pun berbeda-beda. Pengunjung pun di manjakan dengan berbegai sajian lainnya sehingga dapat memilih sesuai selera lidah masin-masing. Biasanya waktu yang tepat dipilih pengunjung untuk menyantap kuliner ini yaitu pada saat weekend sabtu dan minggu serta hari-hari libur Panjang lainnya.

Cara memasak

  • Haluskan bumbu hingga lembut
  • Tumis bumbu bersama cabai hingga layu kecuali cabai merah besar yang diiris
  • Siapkan daun jati sebagai alasnya.
  • Tambahkan nasi jamblang dengan berbagai jenis lauk lainnya.
  • Nasi jamblang siap disajikan

3. Mie kocok

kuliner khas jawa baratMie kocok adalah salah satu jenis olahan mie yang menjadi kuliner khas indonesia dari provinsi jawa barat. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner yang digemari oleh berbagai kelompok usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mie kocok ini berada tepat di wilayah kota bandung, walaupun banyak kita temukan di berbagai daerah namun rasanya tentu berbeda dari daerah asalnya. Tak heran jika penduduk nusantara sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini. Namun tidak ada yang tau pasti asal mula nama mie kocok ini.

Menurut cerita masyarakat setempat, nama mie kocok berasal dari cara pengolahannya yaitu dengan mengocok dan mencelupkan mie dan tauge kedalam air panas hingga matang. Akan tetapi tidak semua warung makan mie kocok menggunakan cara pengolahan masakan yang demikian. Mie kocok menggunakan bahan baju berupa mie telor, salah satu jenis mie yang sering kita jumpai di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Walaupun demikianbeberapa pengusaha mie kocok ini membuat sendir mie yang akan digunakan sebagai bahan baku.

Agar memiliki cita rasa yang khas dan memiliki rasa yang berbeda dengan mie kocok pada umumnya. Selain menjadi lebih murah,para pengusaha menjadikan strategi dalam membuka warung mie kocok tersebut. Selain mie telor yang menjadi bahan baku utamanya, kuliner ini menggunakan bahan-bahan lain diantaranya seperti sayur sawi dan tauge, daging, bakso,daun bawang dan bawang goreng. Proses pembuatan mie kocok pun sangat mudah dan sederhana.

Yang harus kita lakukan terlebih dahulu pertama masak air hingga mendidih, kemudian masukin mie telor beserta sayuran sawi dan tauge, setelah itu potongan daging dan bakso tadi dimasukkan. Ketika mie dan sayuran sudah tampak layu , barulah masukan bumbu-bumbu yang telah disiapkan. Dengan bumbu inilahakan menambah kenikmatan cita rasa khas mie kocok bandung. Satu porsi mie kocok lengkap dengan isian campuran daging dan bakso dibanderol dengan harga berkisar 10.000 hingga 15.000 ribu rupiah.

Harga yang relatif murah bagi masyarakat umum membuat kuliner ini terjangkau untuk bisa dinikmati. Penjual mie kocok in banyak dan dapat ditemukan dengan mudah diberbagai tempat yang ada dibandung dengan beraneka brand yang berbeda.

4. Karedok

kuliner khas jawa baratKaredok adalah masakan olahan sayur yang dicampur dengan bumbu kacang. Salah satu kuliner khas indonesia yang berasal dari daerah jawa barat. Karedok menggunakan sayuran yang biasanya antara lain kol, tauge, kacang Panjang, terong hijau dan timun. Isitilah lain dari karedok adalah salat khas sunda.

Karedok dahulu merupakan makan yang disajikan oleh rakyat kepadapara pemimpin daerah seperti bupati dan setingkatnya. Tampilan dan cara pembuatannya hampir mirip seperti gado-gado. Akan tetapi ada hal yang berbeda dari keduanya. Sayuran yang terdapat dalam gado-gado direbus terlebih dahulu.

Sedangkan berbeda dengan karedok yang sayurannya disajikan mentah. Tentu saja sayuran yang disajikan tersebut dicuci bersih terlebih dahulu.Selain itu karedok juga memuliki bumbu dasar lain yaitu kencur.

Cara memasak

  • Pertama cuci bersih sayuran lalu potong menjadi kecil-kecil sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Ulek kacang bersama bumbu yang sudah disiapkan .
  • Lalu masukan air asam jawa aduk hingga rata.
  • Sediakan mangkuk untuk sayuran yang telah dipotong.
  • Aduk sayuran dengan bumbu kacang tersebut hingga rata.
  • Karedok siap disajikan.

5. Donclang

kuliner khas jawa baratDonclang adalah olahan makanan yang terbuat dari lontong dengan ukuran jumbo yang dibungkus daun patat serta dilengkapi irisan tahu goreng, telur rebus, kentang rebus, dan disiram dengan kuah kacang serta kerupuk, kecap dan sambal sebagai pelengkapnya. Salah satu kuliner khas indonesia ini berasal dari bogor, jawa barat. Donclang memiliki rasa yang sangat lezat di nikmati untuk sarapan di pagi hari. Donclang juga makanan yang tepat untuk mengisi perut dimalam hari ketika lapar ditengah udara dingin dibogor ini.

Biasanya donclang dijajakan mangkal dipinggir jalan dan juga secara berkeliling menyusuri kampung hingga perumahan. Kenikmatan donclang sering kita saksikan diberita televisi nasional.  Makanan yang sangat popular ini menjadi salah satu kuliner yang banyak diminati, karena jenis makanan ini sangat khas dan tak dapat dijumpai diwilayah lain. Jika pun ada hidangan yang sejenis dengan donclang ini pasti berbeda. Seperti halnya di wilayah lain hidangan ini menyerupai kupat tahu akan tetapi tetap saja berbeda dengan donclang.

Cara memasak

  • Pertama tumis bumbu yang telah disiapkan hingga matang.
  • Tuangkan sedikit air dan perasan jeruk.
  • Kemudian masukan kacang tanah yang telah dihaluskan.
  • Berikan gula jawa dan penyedap rasa secukupnya lalu masak hingga air menyusut.
  • Siapkan piring untuk penyajiannya masukan ketupat yang telah dipotong-potong, tahu kentang rebus, tauge, dan telur .
  • Sirakan saus kacang dan beri sedikit perasan jeruk lemon. Serta taburkan bawang goreng
  • Donclang siap untuk disajikan

6. Tahu gejrot

kuliner khas jawa baratTahu gejrot adalah makan yang menggunakan tahu sebagai bahan utamanya. Kuliner khas indonesia ini berasal dari  daerah Cirebon, jawa barat. Kuliner ini sering kita temui hampir diseluruh penjuru nusantara. Penyajian dari tahu gejrot ini antara lain disajikan bersama kuah kecap,bawang merah, cabai rawit dan gula merah.

Harganya yang murah menjadikan jajanan yang sangat diminati oleh masyarakat. Selain itu proses pembuatan dari tahu gejrot ini sangat sederhana dan mudah. Keunikan makanan tradisional ini terletak pada bahan dan pelengkap sajiannya. Alat yang digunakan dalam proses penyajiannya pun terbuat dari  tusuk kecil dari bambu atau kayu. Biasanya tahu gejrot dijajakan keliling dengan cara dipikul oleh pedangang menyusuri ke perkampungan hingga perumahan.

Cara memasak

  • Pertama goreng tahu terlebih dahulu lalu potong tahu menjadi kecil-kecil.
  • Haluskan bumbu yang sudah disiapkan .
  • Masukan air dan gula merah diberi kecap dan air cuka lalu direbus hingga berwarna kecoklatan
  • Siapkan piring untuk penyajiaannya masukan tahu yang dipotong dan bumbu serta siramkan kuah yang telah disiapkan.
  • Doncalng siap disajikan.

7. Cireng

kuliner khas jawa baratCireng atau istilah lain yaitu aci digoreng. Cireng adalah makanan yang tebuat dari tepung aci dan tepung tapioka. Yang diberi bumbu lalu dimasak dengan cara digoreng . Salah satu kuliner khas indonesia yang popular ini berasal dari daerah jawa barat. Cireng ini memiliki banyak peminat serta penggemar menjadikan cireng ini banyak sekali ditemukan.

Tidak hanya diwilayah jawa barat bahkan hingga ke seluruh daerah yang ada dinusantara. Rasanya enak dan harga yang rumah merupakan jajanan yang akrab dengan lidah masyakat. Tak heran jika kuliner ini mudah sekali ditemukan. Memiliki bentuk yang unik serta tekstur yang kenyal menjadikan kuliner ini bergitu unik. Berbagai macam bentuk pun membuat orang tetap dengan mudah mengenalnya. Kepopuleranya sejak zaman dahulu membuat kuliner ini disebut juga kuliner lintas zaman.

Cara memasak

  • Pertama campur tepung kanji dan tapioca kemudian berikan bumbu yang sudah disiapkan dan penyedap rasa.
  • Tuangkan sedikit air panas aduk adonan hingga rata.
  • Buat lah bentuk adonan sesuai yang anda inginkan.
  • Goreng cireng kedalam minyak panas. Lalu tiriskan
  • Untuk pembuatan bumbu rujak haluskan bumbu dan beri air mendidih.
  • Siapkan piring untuk penyajiannya lalu masukan cireng dan siramkan bumbu.
  • Cireng siap disajikan

Kuliner Khas Dki Jakarta

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan monument tugu monas , Udah tau...
ekomaulana
2 min read

Kuliner Khas Jawa Timur

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan daerah yang memiliki Tugu dengan symbol...
ekomaulana
3 min read

Kuliner Khas Jawa tengah

Hallo sahabat kuliner Indonesia, Kali ini kita akan review tentang makanan yang berasal dari ibukota yang terkenal dengan daerah yang memiliki simpang lima ,...
ekomaulana
4 min read

One Reply to “Kuliner Khas Jawa Barat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *