Kuliner Khas Kalimantan Barat

3 min read

1. Bubur pedas

Bubur Pedas adalah Salah satu kuliner khas indonesia yang popular dari suku Melayu. Makanan yang berasal dari salah satu kabupaten di Kalimantan Barat yaitu kabupaten sambas. Disana masyarakat dapat juga menyebutnya dengan Bubor Padas. Ketika kita mendengar kata “pedas” pasti identik dengan makanan yang memiliki rasa yang pedas.

Namun kita tidak akan mengira bahwa bubur ini memiliki rasa yang  seperti namanya, Kata “pedas” merupakan istilah dari suku melayu Sambas yang berarti beraneka ragam sayuran dan rempah dalam bubur tersebut. Komposisi sayuran yang terdapat atau digunakan dalam bubur ini yaitu berbagai macam sayur seperti kangkung, daun pakis, jagung yang dipipil, kentang, daun kunyit dan daun kesum dan banyak lagi tambahan lainnya. Menariknya daun kesum yang menjadi daya tarik dan khas dari bubur pedas ini jarang ditemukan diwilayah lain selain di Kalimantan barat. Kuliner bubur pedas ini tidak lagi hanya terdapat di kabupaten Sambas, melainkan dapat kita jumpai di beberapa daerah yang ada di Kalimantan Barat seperti Pontianak, Singkawang, Sanggau, Sintang dll.

Cara memasak

  • Pertama cuci beras terlebih dahulu lalu
  • Sangrai beras, daun salam, kelapa parut, lengkuas hingga kelapa kecoklatan.
  • Kemudian ambil rempahnya lalu diangkat tumbuk halus dengan beras dan kelapa parut serta sisihkan.
  • Rebus tetelan hingga matang dengan air lalu masukan bumbu halus aduk rata masak hingga harum serta air menyusut.
  • Masukkan wortel, ubi jalar, dan kacang Panjang hingga setengah matang
  • Tambahkan beras tumbuk masak sambal diaduk rata.
  • Masukkan kangkung daun kesum hingga matang dan aduk rata.
  • Taburi dengan pelengkap tambahan.
  • Bubur pedas siap disajikan.

2. Tempoyak

Tempoyak adalah makanan yang diolah dengan menggunakan buah durian sebagai bahan dasarnya. Salah satu kuliner khas indonesia yang berasal dari Kalimantan barat ini memiliki rasa lezat dan unik. Keunikan dari namanya mejadikan makanan ini begitu menarik  warga Kalimantan barat untuk memakannya. Makanan khas ini sebenarnya berasal dari suku melayu di Sumatera dan Kalimantan.

Karena selain dikalimantan tempoyak juga dapat kita temui disana. Kuliner ini merupakan makanan yang proses pembuatannya dari hasil fermentasi  buah durian. Hasil fermentasi ini membuat aroma tempoyak menjadi sangat kuat dan khas serta rasa yang lebih berbeda. Untuk kalian yang suka buah durian dan belum pernah mencobanya tempoyak pasti akan kaget dengan rasanya yang asam dan teksturnya yang lembut berbeda sekali dengan buah durian yang langsung dimakan tanpa proses fermantasi terlebih dahulu.

Jika kamu yang tidak suka dengan buah durian pasti akan menjadi tidak suka karena aromanya menjadi lebih menyengat. Proses pembuatan tempoyak memiliki cara pembuatan yang sama seperti hal pembuatan tape, yang membedakan hanyalah dari dasar yang digunakan  serta lamanya waktu fermentasi dapat memakan waktu mulai empat hingga sepuluh hari. Proses pembuatannya  cukup mudah, pertama yang harus dilakukan kalian hanya perlu memisahkan daging dengan bijinya terlebih dahulu. Setelah itu daging durian dicampur dengan garam secukupnya, kemudian taruh dalam wadah tertutup hingga waktu yang ditentukan. Penyajiannya juga biasanya diberi tambahan lain seperti udang dan cabe yang menjadikan begitu lezat dan nikmat serta menggugah selera.

Cara memasak

  • Pertama ambil daging buah durian dan masukkan kedalam toples.
  • Setelah 1 minggu aduk dan tempoyak siap digunakan

Resep Sambal Tempoyak Cara memasak atau mengolah Tempoy

  • Tumis bumbu hingga harum
  • Masukkan tempoyak seperlunya, gula, dan tambahan lainnya lalu beri penyedap rasa.
  • Tumis hingga 3 menit.
  • Tempoyak siap disajikan

3. Kerupuk basah

Kerupuk basah adalah makanan yang diolah dengan menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Salah satu kuliner khas indonesia yang berasal dari suku melayu, Kalimantan barat. Kuliner yang berbahan dasar ikan ini sangat mudah kalian temukan di sepanjang jalan kota Putussibau. Kabupaten yang memiliki julukan ‘Uncak Kapuas’  merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat.

Karena memiliki sumber daya ikan yang sangat melimpah sehingga kerupuk basah menjadi salah satu hasil olahannya. Walaupun memiliki nama kerupuk basah, akan tetapi bentuk dari makanan ini tidak basah melainkan lebih terlihat seperti makanan pempek khas Palembang. Namun hanya berbeda dalam penyajiannya yang  tidak di goreng terlebih dahulu. Nama kerupuk basah yang unik , menjadikan makanan ini memiliki kekhasan tersendiri.

Bentuknya yang lonjong dan memanjang  serta memiliki panjang berukuran 15 hingga 20 cm dengan diameter sekitar 2-4 cm. Kerupuk basah terbuat dari hasil daging ikan yang sudah di giling. Seperti yang kita tau bahwa daging ikan memiliki banyak kandungan gizi dan tinggi akan protein. Ada dua jenis ikan yang biasanya digunakan untuk pembuatan kuliner ini yaitu ikan belidak dan ikan toman. Proses penyajian nya biasanya dilengkapi dengan bumbu kacang dan ada juga yang menggunakan irisan cabe dicampuri cuka menjadikan perpaduan lengkap untuk di nikmati.

Cara membuat

  • Pertama campurkan daging ikan bawang putih penyedap rasa aduk hingga rata.
  • Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai kenyak dan dapat diolah bentuk menjadi panjang
  • Setelah itu masuk kedalam air mendidih selama 30 menit hingga mengapung. Kemudian diangkat
  • Kerupuk basah dapat dimakan langsung atau digoreng
  • Kerupuk basah siap disajikan.

4. Ale-ale

Ale-ale adalah sejenis kerang yang bentuknya mirip sekali dengan remis, namun bentuk ale-ale ini memiliki ukuran lebih kecil. Cangkang dan dagingnya berwarna putih. Yang menjadikannya salah satu kuliner khas indonesia yang berasal dari ketapang, Kalimantan barat. Ale-ale ini hanya dapat di temukan di wilayah kabupaten Ketapang. Mayoritas penduduk kota Ketapang banyak bekerja sebagai nelayan ale-ale atau membuka usaha kuliner ale-ale ini. Makanan ale-ale selain memiliki rasa yang enak dan gurih memiliki kandung protein yang tinggi.

Bentuk olahan dari ale-ale paling sederhana tetapi banyak disukai adalah dimasak dengan cara direbus dan hanya menggunakan garam saja. Seiring dengan berkembangnya zaman dan waktu, kuliner Khas Ketapang yang satu ini semakin banyak variasinya dan dapat juga ditemui di kota lain seperti kota Pontianak. Beberapa outlet sudah banyak menjajakannya disana. Selain direbus ale-ale juga dapat disajikan dengan berbagai variasi diantara lain ale-ale asam manis, ale-ale pedas manis, dan dapat diolah sesuai selera kita lagi.

Kenikmatan kaldu yang berasal dari daging kerangnya itu memiliki rasa dan aroma yang khas. Dilengkapi dimasak dengan bumbu yang menjadikannya perpaduan sangat cocok untuk menyempurnakan kenikmatan dari masakan ale-ale ini.

Cara memasak

  • Pertama cuci ale-ale hingga bersih
  • Tumis bawang putih hingga harum
  • Masukkan cabai secukupnya
  • Kemudian masukkan ale-ale aduk hingga rata selama 3 menit.
  • Masukkan paprika tomat dan kecap manis aduk hingga merata.
  • Ale-ale siap disajikan.

 

Kuliner Khas Kalimantan Tengah

1. Juhu umbu rotan Juhu umbut rotan adalah makanan yang menggunakan rotan pada bagian ujungnya yang masih muda sebagai bahan dasarnya. Salah satu kuliner...
ekomaulana
2 min read

Kuliner Khas Kalimantan Utara

1. Lawa Lawa adalah makanan olahan yang menggunakan timun dan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Namun seiring perjalanan waktu banyak masyakarakat mengganti bahan dasar...
ekomaulana
3 min read

Kuliner Khas Kalimantan Selatan

1. Soto banjar Soto banjar adalah masakan yang menggunakan ayam  sebagai baham utama serta kuah yang beraroma khas serta harum dari rempah-rempah seperti kayu...
ekomaulana
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *