Kuliner Khas Kalimantan Selatan

3 min read

Daftar Menu khas Kalimantan Selatan

1. Soto banjar

Kuliner Khas Kalimantan SelatanSoto banjar adalah masakan yang menggunakan ayam  sebagai baham utama serta kuah yang beraroma khas serta harum dari rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Salah satu kuliner khas indonesia yang berasal dari Kalimantan selatan tepatnya diwilayah Banjarmasin. Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel, kentang, rebusan telur, dan ketupat sebagai pelengkapnya. Seperti pada umumnya soto ayam, bumbu soto Banjar terdiri dari bawang merah, bawang putih dan merica, akan tetapi tidak menggunakan kunyit.

Bumbu yang ditumis terlebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak kelapa hingga harum. Lalu masukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Kemudian rempah-rempah diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu disajikan. Kuah kaldu soto Banjar sedikit bening dan tidak berwarna kuning karena tidak menggunakan kunyit.

Penyajiannya memiliki banyak tambahan antara lain, seperti suwiran daging ayam kampung, telur bebek rebus, perkedal kentang, bihun, daun seledri dan bawang goreng. Aroma khas yang keluar dari hidangan ini tidak seperti soto yang kaya rempah. Melainkan lebih mirip dengan kuah sup. Soto banjar paling nikmat disantap dalam keadaan hangat.

Rasa kaldu ayam yang khas langsung terasa ketika dicicipi. Perbedaan soto banjar dengan soto lainnya terletak pada resepnya. Soto banjar menggunakan cengkih dan kapulaga. Namun tidak dihaluskan, hanya direbus dan diambil sarinya. Soto banjar biasanya juga dimakan dengan lontong atau ketupat, dan tak menggunakan nasi. Namun biasanya ada penjual yang menyediakan soto banjar dengan nasi, istilahnya menjadi nasi sop.

Baca juga : Kuliner khas kalimantan Timur

Cara memasak

  • Pertama rebus ayam hingga matang lalu angkat dan suwir ayam tersebut serta sishkan air rebusannya.
  • Tumis bumbu-bumbu rempah hingga aromanya harum serta diberikan penyedap rasa.
  • Masukan tumisan bumbu kedalam air rebusan ayam tadi aduk hingga rata dan beri sedikit penyedap rasa.
  • Siap mangkuk untuk penyajiannya dan tata isianya
  • Taburkan bawang merah goreng dan jeruk nipis
  • Soto banjar siap disajikan.

2. Amparan tatak

Kuliner Khas Kalimantan SelatanAmparan tatk pisang adalah jajanan yang berupa kue dengan bahan dasar tepung beras dan juga ketan. Salah satu kuliner khas indonesia ini berasal dari Kalimantan selatan. Kue yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis menjadikannya salah satu kue favorit yang ada di Kalimantan Selatan. Selain itu, proses pembuatannya juga lebih mudah. Biasanya kue ini disajikan di atas daun pisang pada acara-acara penting di Banjarmasin.

Serta bisa dengan mudah kalian jumpai ketika saat bulan puasa. Amparan Tatak Pisang berasal dari kata hamparan dan tatak yang memiliki arti potongan. Banyak yang berpendapat bahwa nama asli kue ini bukanlah amparan tatak melainkan kue nangka susun. Awal mulanya amparan tatak merupakan bagian potongan dari kue nangka Susun, yang merupakan lapisan kue dari adonan tepung beras dan santan.

Dahulu ammparan tatak pisang ini merupakan makanan jamuan khusus untuk para kaum kerajaan Banjar dan juga kerajaan Daha. Namun seiring berjalannya waktu, kue ini menjadi salah satu warisan budaya kuliner khas Kalimantan Selatan serta dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Ada hal yang menarik dalam proses pembuatannya yaitu adanya kepercayaan dari masyarakat Banjar bahwa ketika sedang membuat kue-kue khas Banjar ini tidak boleh dalam keadaan menstruasi. Termasuk diantarnya dalam pembuatan kue ampar tatak pisang.

Menurut kepercayaan masyarakat banjar, jika pantangan tersebut dilanggar, kue yang dibuat nantinya akan menjadi rusak, rasanya menjadi tidak enak, warna kuenya atau bahkan lapisan kue posisinya dapat berubah. Terlepas akan hal seperti itu, amparan tatak pisang ini adalah salah satu kudapan yang cukup populer sebagai makanan khas saat bulan suci ramadhan khusunya di Kota Banjarmasin. Tidak hanya di Banjarmasin, amparan tatak pisang ini juga sudah menyebar hingga ke Kalimantan Tengah dan Timur dengan beragam modifikasi sajiannya.

Cara memasak

  • Pertama campurkan tepung beras, santan , gula, vanili, dan garam aduk hingga rata.
  • Kemudian potong pisang dan masukan kedalam adonan aduk hingga rata.
  • Setelah itu tuangkan adonan kedalam Loyang 20 cm yang telah dioleskan minyak dan dialasi dengan plastik tahan panas.
  • Kukus dalam dandang selama 30 menit.
  • Campur semua lapisan dan tuang keatas lapisan.
  • Kukus kembali hingga matang.
  • Amparan tatak siap disajikan.

3. Nasi itik

Kuliner Khas Kalimantan SelatanNasi itik gambut adalah olahan makanan yang menggunakan itik sebagai bahan dasarnya. Salah satu kuliner khas indonesia yang lezat berasal dari Banjarmasin ini, terlihat dari tampilannya sangat sederhana. Karena nasi itik gambut ini hanya terdiri dari nasi dan lauk saja. Bahan utamanya pada lauk itik/bebek, akan tetapi beberapa warung juga biasanya menyediakan lauk-pauk lain seperti ayam, ati ayam, telur itik dan ikan.

Untuk bumbunya juga terdapat beberapa pilihan, seperti Bumbu Habang atau Bumbu kari. Nasinya juga ada beberapa macam nasi putih dan nasi gurih. Akan tetapi tidak semua warung yang menyediakan nasi pilihan tersebut. Namun apa pun jenis nasinya akan tetap menggunakan beras banjar yang terkenal dengan teksturnya kempyar (pisah) tapi tidak keras.

Cara penyajian dari setiap warung pun berbeda-beda ada yang disajikan dengan daun pisang dan juga di piring biasa. Jika penyajiannya dengan daun pisang kita tidak dapat melihat langsung isi lauknya. Terlebih dalam memilih bagian itik/ayam, seperti paha atas, bawah, atau dada yang mana ingin kita makan. Selaiin tampilan dan rasanya yang khas.

Nasi Itik gambut ini merupakan itik pilihan yang dipelihara dari tanah gambut. Memiliki tekstur daging yang lembut dan tidak keras, serta rasanya pun juga gurih. Ada yang berpendapat mengenai rasa itik disana yang berbeda, karena itiknya hanya memakan tanah gambut saja selama saat hidup. Tidak dengan memakanan hal lain sedangkan untuk bumbunya, kita dapat memilih bumbu kari atau bumbu habang.

Bumbu habang ini merupakan bumbu khas Banjarmasin yang berwarna merah, namun rasanya manis. Untuk teman-teman yang tidak suka pedas, makanan ini aman kalian nikmati. Untuk teman-teman yang suka pedas, kalian dapat menambahkan sambal yang telah disediakan untuk menambah selera kalian. Berbeda dengan itik yang berbumbu hambang, itik yang diberi bumbu kari ini tidak kalah nikmatnya.

Rasa yang dihasilkan tetap sama-sama gurih dan enak. Nasi itik gambut ini paling enak disantap ketika keadaan masih hangat dan menggunakan tangansaat memakannya ya seperti meyantap makanan dilesehan, benar-benar nikmat. Apalagi jika ditambahkan dengan acar banjar yang biasanya disediakan.

Cara memasak

  • Pertama campurkan air jeruk dan madu aduk hingga rata.
  • Masukkan daging itik kedalam rebusan tersebut hingga setengah matang.
  • Angakat lalu biarkan dalam air tersebut selama 4 jam atau dapat disimpan didalam lemari es.
  • Goreng itik hingga matang dan berubah kecoklatan.
  • Masukkan bawang putih hingga harum
  • Masukkan daun bawang dan tumis beberapa saat.
  • Masukkan itik kedalam wajan sisa air rendaman. dan berikan penyedap rasa masak hingga mengental.
  • Siapkan piring untuk penyajiannya lalu iris itik dan ditata
  • kemudian sirami kuah diatasnya dan taburi daun bawang.
  • Nasi itik siap disajikan

 

Kuliner Khas Kalimantan Tengah

Daftar Menu khas Kalimantan Tengah 1. Juhu umbu rotan Juhu umbut rotan adalah makanan yang menggunakan rotan pada bagian ujungnya yang masih muda sebagai...
ekomaulana
2 min read

Kuliner Khas Kalimantan Utara

Daftar Menu Khas Kalimantan Utara 1. Lawa Lawa adalah makanan olahan yang menggunakan timun dan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Namun seiring perjalanan waktu...
ekomaulana
3 min read

Kuliner Khas Kalimantan Timur

Daftar Menu Khas Kalimantan Timur 1. Ayam cincane Ayam cincane adalah makanan yang diolah dengan menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Menu ini merupakan salah...
ekomaulana
2 min read

One Reply to “Kuliner Khas Kalimantan Selatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *