Kuliner Khas Kalimantan Timur

2 min read

1. Ayam cincane

kuliner khas indonesiaAyam cincane adalah makanan yang diolah dengan menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Menu ini merupakan salah satu kuliner khas indonesia yang berasal dari Kalimantan timur. Ayam cincane berasal dari ayam kampung yang diolah dengan cara diberi bumbu rempah-rempah yang dibakar hingga matang. Tampilan daging ayam yang berwarna merah dihasilkan dari bumbu rempah sehingga tampak menarik.

Serta aroma yang menggugah selera dan rasanya yang begitu nikmat. Perpaduan keduanya membuat rasa daging ayamnya begitu gurih. Pemilihan daging ayam untuk memasak kuliner ini harus menggunakan daging ayam kampung. Penduduk sekitar meyakini bahwa daging ayam kampung lebih gurih dari daring ayam potong biasa.

Untuk bumbu ayam cincane ini dihasilkan dari bumbu dapur seperti  santan, jeruk nipis, asam jawa, bawang merah, kemiri ,jahe, lengkuas, daun salam, serai, cabai, terasi bakar dan kecap manis. Pertama bumbu ditumis hingga baunya harum dan ayam diungkep secara bersamaan dengan waktu cukup lama hingga daging ayam lunak. Setelah proses masak tadi dilakukan ayam dipanggang atau dibakar diatas arang sebelum disajikan. Agar lebih nikmat biasanya ayam cincane ini disantap dengan nasi hangat dan juga sambal tomat. Rasa yang gurih dihasilkan dari daging ayam merupakan perpaduan yang pas dengan sambal tomat yang sedikit pedas untuk dinikmati.

Cara memasak

  • Pertama cuci ayam hingga bersih lau rendam dengan air asam jawa.
  • Tumis bumbu hingga harum masukan ayam kampung aduk hingga rata.
  • Masukan santan dan aduk hingga kental
  • Setelah mendidih masukkan santan encer dan bumbu lainnya.
  • Masak lah bumbu hingga kental dan biarkan bumbu meresap dengan ayam .
  • Kemudian Panggang ayam hingga matang.
  • Ayam cincane siap disajikan.

2. Nasi bekepor

kuliner khas indonesiaNasi bekapor adalah nasi yang dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah dan minyak sayur. nasi campur merupakan kuliner khas indonesia yang berasal dari Kalimantan timur. Penyajian dari nasi bekapor ini biasanya diberi tambahan seperti sayur gangan asam kukar merupakan sayuran sejenis sayur asem yang diolah Bersama kepala ikan dan ubi manis. Nasi bekapor biasanya juga disajikan dengan sambal raja.

Awalnya nasi bekapor merupakan menu khas bagi raja kerajaan kutai kertanegara, seiring berkembangnya zaman nasi bekapor dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dahulu nasi bekapor juga dimanfatkan untuk proses penyebaran ajaran agama islam, pada saat itu raja kutai kertanegara sudah memeluk agama islam. Pada zaman dahulu nasi bekapor dimasak dengan cara diputar diatas bara api menggunakan kendhil atau kenceng yang terbuat dari perunggu. Proses memutar inilah yang dikenal dengan istilah bekapor.

Ketika diputar akan dibacakan sholawat sebanyak 3 kali dan disebutkan nama seseorang yang ingin ditemukan ambal membayangkan wajahnya. Setelah melakukan hal tersebut biasanya berhasil membawa orang yang disebutkan namnya dan bertemu.

Cara memasak

  • Pertama cuci bersih beras terlebih dahulu masukan kedalam panci.
  • Tambahkan air dan bumbu serta penyedap rasa lalu masak hngga matang.
  • Haluskan bumbu yang telah disiapkan.
  • Campurkan dau kemangi dan suwiran ikan asin ke nasi yang sudah matang dan diberi air perasan jeruk nipis.
  • Nasi bekapor siap disajikan.

3. Gence ruan

kuliner khas indonesiaGence ruan adalah olahan dari ikan yang menjadi salah satu kuliner khas indonesia yang berasal dari Kalimantan timur. Menu yang merupakan olahan dari ikan gabus yang dibakar dan disirami dengan sambal goreng pedas khas Kalimantan timur. Taburan sambal merah yang membuatnya terlihat cantik dan menggoda untuk dinikmati. Namun rasa pedasnya berbeda dengan olahan pedas daerah lain, seperti olahan ikan rica-rica dan haruan masak habang.

Gence ruan ini memiliki sambal yang berbeda. Olahan dari sambal gence ruan ini tak hanya pedas namun memiliki tekstur yang lebih kasar. Teksturnya yang kasar membuat rasa pedasnya menggigit ketika dimakan. Proses pengolahan gence ruan ikan gabus harus dibakar terlebih dahulu.

Sebelum dibakar ikan gabus tersebut diberi garam secukupnya dan dibakar di atas bara api. Biasanya ikan gabus yang dibakar tidak perlu membersihkan sisiknya karena ikan tersebut dibakar hingga kehitaman. Kemudian ikan gabus disirami dengan tumisan sambal yang terbuat dari olahan rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah lainnya. Setelah itu ikan gabus yang dibakar memberikan tampilan yang memiliki kesan ‘garang’ pada sajian ini. Gurih serta manisnya daging ikan gabus dipadu dengan rasa pedas sambal kasar. Nasi hangat dan olahan tumis pakis sangat cocok untuk menyantap gence ruan ini sehingga menjadi lebih nikmat.

Cara memasak

  • Pertama haluskan bumbu yang telah disediakan terlebih dahulu
  • Bersihkan ikan gabus namun sisiknya tetap dibiarkan.
  • Campurkan dengan perasan jeruk nipis dan bumbu halus yang sudah disipakan.
  • Bakar ikan gabus dengan bara api agar tidak hangus.
  • Potong bawang merah lalu tumiskan denga nbumbu halus serta masukkan tomat yang sudah dibuang bijinya.
  • Gence ruan siap diasjikan bersam sambal

 

 

Kuliner Khas Kalimantan Tengah

1. Juhu umbu rotan Juhu umbut rotan adalah makanan yang menggunakan rotan pada bagian ujungnya yang masih muda sebagai bahan dasarnya. Salah satu kuliner...
ekomaulana
2 min read

Kuliner Khas Kalimantan Utara

1. Lawa Lawa adalah makanan olahan yang menggunakan timun dan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Namun seiring perjalanan waktu banyak masyakarakat mengganti bahan dasar...
ekomaulana
3 min read

Kuliner Khas Kalimantan Selatan

1. Soto banjar Soto banjar adalah masakan yang menggunakan ayam  sebagai baham utama serta kuah yang beraroma khas serta harum dari rempah-rempah seperti kayu...
ekomaulana
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *