Kuliner Khas Kalimantan Utara

3 min read

Daftar Menu Khas Kalimantan Utara

1. Lawa

Kuliner Khas Kalimantan UtaraLawa adalah makanan olahan yang menggunakan timun dan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Namun seiring perjalanan waktu banyak masyakarakat mengganti bahan dasar ini dengan bahan baku lainnya. Salah satu kuliner khas indonesia ini berasal dari daerah Kalimantan utara. Kuliner ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

Dahulu lawa merupakan menu khas dalam suatu kerajaan yang bernama kerajaan bulungan yang terdapat di Kalimantan utara. Menggunakan bahan dasar dari timun dan rumput laut. Agar terasa lebih nikmat dalam proses memasak bahan dasar tadi diolah dengan berbagai bahan tambahan lainnya antara lain seperti kelapa sangrai, udang raja, udang galah. Selain udang biasanya masyarakat menggunakan kerang sebagai gantinya.

Biasanya masyarakat menjadikan makanan ini sebagai menu hidangan pembuka untuk ganjalan perut . Makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi karena bahan dasarnya adalah sayur-sayuran. Dapat juga dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Baca juga : Kuliner khas kalimantan selatan

Cara memasak

  • Pertama cuci bersih timun lalu dikupas dan dibuang isinya.
  • Iris timun menjadi halus
  • Sangrai kelapa muda lalu siishkan
  • Goreng udang hingga matang
  • Campurkan semua olahan tersebut hingga rata.
  • Lawa siap disajikan

2. Tumis Kapah

Kuliner Khas Kalimantan UtaraTumis kapah adalah makanan yang diolah dengan menggunakan kapah sebagai bahan utamanya. Salah satu kuliner khas indonesia ini berasal dari Kalimantan utara. Kuliner laut ini berada di kota Tarakan. Makanan yang populer di Kalimantan utara ini memiliki banyak penggemar. Selain rasanya yang nikmat bahan dasar dalam olahan tumis kapah ini memiliki kandungan yang kaya akan protein.

Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Dalam proses pengolahannya tumis kapah ini dimasak dengan bumbu khas untuk menambah kelezatannya. Olahan bumbu tersebut terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasanya. Serta diilengkapi dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Biasanya warga setempat menyantapnya dengan ditemani air kelapa sebagai pelengkap kenikmatannya.

Cara membuat

  • Pertama cuci kapah hingga bersih lalu direbus lalu keluarkan isinya
  • Sisihkan sebagian kulit kerangnya untuk dipakai memanggang
  • Bagian isi :Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum .

Masukkan ikan dan daging kapah dan penyedap rasa aduk hingga rata lalu diangkat.

  • Bagian saus : Masukan tepung terigu aduk hingga rata lalu tuangkan sedikit susu sambal diaduk dan berikan penyedap rasa Bersama keju.
  • Tuangkan saus diatas kulit kerrang yang telah disiapkan dan berisi adonan isi lalu taburi seledri panggang sekita 20 menit.
  • Tumis kapah siap disajikan

3. Tudai

Kuliner Khas Kalimantan UtaraTudai adalah olahan makanan yang menggunakan kerrang tudai sebagai bahan dasarnya. Tudai ini sejenis kerang yang mirip sekali dengan kapah. Kuliner khas indonesia ini  dapat banyak kita jumpai di tanjung selor, Kalimantan Utara. Kerang jenis ini memiliki daging yang cukup tebal di spesiesnya, tudai memiliki warna hitam dan jingga. Jika anda ingin menemui populasi kerang jenis ini, anda dapat pergi ke daerah bulungan, karena disana terdapat banyak sekali tudai.

Dalam proses pengolahan yang dilakukan untuk memasak tudai ini cukup sederhana yaitu dengan cara direbus maupun digoreng. Kuliner ini biasanya dihidangkan duntuk acara-acara tertentu seperti pernikahan dan pertemuan penting. Namun beberapa rumah makan sudah ada yang menyediakan kuliner khas yang satu ini. Tepatnya di rumah makan yang berada di daerah Tanjung Selor.

Cara memasak

  • Tumiskan bawang merah dan putih Bersama bumbu lainnya hingga harum
  • Lalu masukan kerang aduk hingga rata dan beri air secukupnya saus tiram kecap manis dan penyedap lainnya
  • Masak hingga air menyusut dan meresap.
  • Tumis Tudai siap disajika.

4. Sate ikan pari

Kuliner Khas Kalimantan UtaraSate ikan pari adalah menu jenis sate yang berbeda dengan sate pada umumnya. Sate ini menggunakan ikan pari sebagai bahan utamanya. Kuliner khas indonesia yang berasal dari Kalimantan utara ini memiliki rasa unik dan lezat. Disana banyak sekali ditemukan ikan pari yang berasal dari sungai Sesayap, Kalimantan utara.

Sehingga masyarakat setempat menjadikannya menu pelengkap untuk lauk pauk. Proses memasak yang dilakukan untuk sate ikan pari ini yaitu Pertama bersihkan ikan terlebih dahulu lalu pisahkan daging dengan kulit ikannya. Kemudian potong menjadi bentuk dadu dan direndam dengan air perasan jeruk untuk menghilangkan bau amisnya beberapa menit. Setelah semua proses telah dilakukan, lumuri atau campurkan ikan tersebut dengan bumbu yang sudah disediakan dan langsung dibakar agar rasa bumbunya lebih keluar dan nikmat.

Untuk menambah kenikmatannya saat dibakar dilumuri madu dan kecap manis. Sate ikan pari siap untuk dinikmati.

Cara memasak

  • Pertama randam potongan ikan pari kedalam air perasan jeruk nipis sekitar 3 menit.
  • Campurkan potongan ikan pari dengan bumbu.
  • Susun daging pari kedalam tusuk sate
  • Olehkan kembali bumbu, madu, kecap manis pada daging pari untuk membah cita rasa.
  • Sate ikan pari siap disajikan.

5. Dodol cempedak

Kuliner Khas Kalimantan UtaraDodol cempedak adalah olahan makanan yang berbahan dasar buah cempedak.  kuliner khas indonesia ini berasal dari Kalimantan utara. Buah cempedak terkenal dengan rasanya yang manis. Biasanya dodol cempedak ini dijadikan buah tangan sebagi oleh-oleh.

Disana dodol ini dikenal dengan istilah lempok. Rasanya yang nikmat dijadikan masyarakat disana sebagai cemilan untuk dirumah. Bahan dasar dodol cempedak ini adalah buah cempedak yang merupakan keluarga dari buah nagka dan durian . Buah ini memiliki rasa yang sangat manis seperti buah nangka, serta memiliki aroma yang menyengat seperti buah durian.

Selain dodol cempedak disana juga ada olahan dodol dari bahan lain yaitu olahan dodol dari rumput laut. Tidak kalah nikmatnya dengan dodol cempedak. Dodol rumput laut ini selain rasanya yang nikmat dan sangat sehat untuk dikonsumsi, sehingga cocok bagi anda yang diet tapi tetap ingin mengkonsumsi cemilan. Dan tidak akan menyebabkan berat badan naik.

Cara memasak

  • Pertama campurkan gula pasir kedalam daging buah cempedak dan beri sedikit garam.
  • Panaskan dan aduk rata adonan dengan api sedang selama 4 jam
  • Jika sudah lengket dan kenyal lalu adonan diangkat
  • Tunggu hingga dingin, kemudian adonan dapat dikemas.
  • Dodol cempedak siap disajikan

 

 

Kuliner Khas Kalimantan Tengah

Daftar Menu khas Kalimantan Tengah 1. Juhu umbu rotan Juhu umbut rotan adalah makanan yang menggunakan rotan pada bagian ujungnya yang masih muda sebagai...
ekomaulana
2 min read

Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Daftar Menu khas Kalimantan Selatan 1. Soto banjar Soto banjar adalah masakan yang menggunakan ayam  sebagai baham utama serta kuah yang beraroma khas serta...
ekomaulana
3 min read

Kuliner Khas Kalimantan Timur

Daftar Menu Khas Kalimantan Timur 1. Ayam cincane Ayam cincane adalah makanan yang diolah dengan menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Menu ini merupakan salah...
ekomaulana
2 min read

One Reply to “Kuliner Khas Kalimantan Utara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *